Cara Custom Domain Intuit di Blogspot ala Cemonggaul.Com

Riwayat Cemonggaul.Com membuat Tutorial Cara Custom Domain Intuit di Blogspot

Alhamdulillahirobbilalamin sekarang Blog Cemonggaul sudah berganti nama dengan Cemonggaul.Com dengan alamat http://cemonggaul.com yang semula http://cemong-gaul.blogspot.com. Untuk artikel pertama dengan domain dan nama baru ini, Blog Cemonggaul atau sekarang sudah berubah menjadi Cemonggaul.com akan memberikan tutorial cara custom domain intuit di blogspot.

Tutorial ini Cemonggaul.Com buat karena kemarin sempat bingung dengan tutorial yang diperoleh dari berbagai sahabat blogger. Karena walaupun sudah mengikuti semua petunjuk yang diberikan dan berhasil meng-customnya, ternyata setelah dibuka tidak seperti yang diharapkan. Halaman yang telah di-custom setelah dibuka berupa halaman putih bertuliskan "this domain is hosted by homestead". Apakah Anda juga mengalami seperti yang dialami Cemonggaul.Com kemarin?

Setelah dipelajari baik-baik akhirnya Cemonggaul.Com menemukan ide sendiri cara custom domain intuit di blogspot ini menggunakan jasa hosting gratisan idhostinger. Dan Alhamdulillah langsung berhasil seperti yang Anda lihat sekarang ini. Mungkin itu saja sedikit cerita alasan Cemonggaul.Com membuat tutorial ini.

Cara Custom Domain Intuit di Blogspot Dengan Bantuan Idhostinger

Untuk memulai meng-custom domain intuit di blogspot dengan bantuan hosting gratisan idhostinger, silahkan ikuti panduan berikut ini;

  • Masuk ke setelan dasar blogger Anda dan isikan nama domain yang ingin dipakai pada link setelan lanjutan dengan menggunakan awalan www.nama domain anda.com / net / org atau terserah
  • Setelah itu klik simpan
  • Anda akan mendapatkan eror 12 seperti gambar berikut (klik untuk memperbesar) disini saya menggunakan blog percobaan untuk menampilkan detilnya
Custom domain intuit di blogspot

Disinilah kegunaan idhostinger nantinya. Jangan ditutup. Silahkan buka tab / window browser baru untuk mendaftarkan domain anda di idhostinger.
  • Daftarlah akun gratis di idhostinger disini
  • Daftarkan domain Anda pada hosting gratisnya
Disini saya menganggap Anda sudah bisa cara mendaftarkan domain dan sudah berada di control panelnya.
  • Silahkan klik detail seperti gambar berikut
detail domain
Anda akan dibawa masuk ke detil domain yang telah Anda hosting
  • Scrol kebawah dan cari menu DNS Zone Editor seperti SS berikut ini
DNS Zone Editor Idhostinger
  • Buatlah konfigurasi seperti berikut
Penggantian dan penambahan CNAME

Pada saat pertama kali masuk konfigurasi, untuk sumber yang disana cemonggaul.com itu cuma ada 1 saja. targetnya silahkan ganti dengan ip blogger 216.239.32.21 dan klik "perbaharui".  Untuk menambahkannya lagi sehingga menjadi 4 seperti diatas, silahkan scrol kebawah, disana ada penambahan record baru.
  • Isi sumber dengan "NAMA DOMAIN ANDA.COM" tanpa www. in "A" target 216.239.34.21, sampai dengan 4 kali dengan masing-masing target selanjutnya 216.239.36.21,  216.239.38.21.
  • Kemudian untuk yang www seperti gambar diatas, targetnya silahkan ganti dengan "ghs.google.com." (dengan titik tanpa tanda petik)
  • Scrol kebawah lagi untuk menambahkan record baru. Sumber "HPLQRWBUDCMH" (isi sesuai dengan yang Anda dapat seperti pada gambar 1). in "CNAME" target "gv-3TKIHFQEZ6PPBOBEZIQJYPYBJICW75K4VPSV67VPFABFBOHMKITQ.domainverify.googlehosted.com." (isi sesuai dengan punya Anda seperti gambar nomr 1 dengan titik tanpa tanda petik).
  • Langkah selanjutnya adalah login ke intuit dan klik menu domain dan pilih "Advance DNS Stting".
  • Disana Anda akan lihat record yang paling atas [@] [NAMA DOMAIN.COM] [IP adress domain]. Silahkan ganti IP Adress domainnya saja dengan IP Address id hostinger yaitu "31.170.164.241" dan klik submit dan submit lagi.
  • Kembali lagi ke menu Domain dan pilih "Edit your name server". Setelah masuk silahkan klik "edit" dan ganti semua ns. default dengan masing masing ns. idhostinger berikut dan klik "submit";
  1. ns1.idhostinger.com
  2. ns2.idhostinger.com
  3. ns3.idhostinger.com
  4. ns4.idhostinger.com
Seperti pada gambar berikut
Edit ns. Intuit

  • Kembali lagi ke tab / window Blogger dan klik simpan. Apabila prosesnya sudah benar seperti diatas, pasti sekarang sudah bisa disave / simpan. Bila belum coba refresh dulu halaman blogger ulangi memasukkan domain seperti di awal dan simpan. Bila masih tetap belum berhasil, berarti masih ada yang salah atau terlewat pada pengisian Anda.
Setelah berhasil custom domainnya, coba buka blog Anda dengan alamat baru. Bila tampilannya masih belum seperti blog Anda, atau masih halaman dengan tulisan "this domain is hosted by homestead", silahkan tunggu selama 12 jam. Untuk Cemonggaul.Com sendiri hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk bisa menampilkan blog secara utuh. 

Demikian tadi tutorial Cara custom domain intuit di blogspot ala Cemonggaul.Com. Semoga dapat membantu Anda.


20 comments:

  1. gan ip idhostingernya 31.170.164.214 apa 31.170.164.241

    ReplyDelete
  2. Thanks mas tutorialnya..

    udah berhasil

    ReplyDelete
  3. @centra arloji ; ip idhostinger itu bisa berubah-uabh. sesuai dengan yang dikasih idhostinger. untuk mengetahuinya lewat menu detail atau dari email. nanti ada ns1.idhostinger sampai ns4.idhostinger. dibawahnya itu diberi ip untuk dipasang pada @record domain kita di intuit. jadi tidak harus 31.170.164.214

    ReplyDelete
  4. bang ajarin lebih lanjut donk .. puyeng nih ane

    ReplyDelete
  5. yang bingung yang mana mas? perasaan sudah tak kasih detilnya :)
    untuk beberapa kasus emang agak sulit save domainnya di blogger. walaupun sudah diset seperti diatas.
    solusinya: biarkan dulu setingan di idhostinger biar divalidkan dulu setingannya sama robot google. karena biasanya id hostinger nggak langsung detek setingan kita walaupun sudah bisa disave. biarkan dulu semalam dan besoknya langsung menuju blogger untuk masukin domain kita tanpa ngerubah setingan di id hostinger. insyaallah berhasil

    ReplyDelete
  6. mas aku sudah ngikuti petunjuk di atas tapi masih ga bisa mohon pencerahannya , kalo ada ym please mas aku minta coz da buntu nich berjam jam tapi ga bisa2.

    oh yach untuk set advance dns yg di intuit yg di ganti itu cuma yang atas aja yach [@] [NAMA DOMAIN.COM] yang kolom bawah juga di ganti ga???

    sama urutannya koq ga bisa sama kayak gambar apa pengaruh juga urutan seperti di gambar

    ReplyDelete
  7. wah hebat
    dah bisa bisa sob....!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  8. @phutrakom : yang di intuit advance dns cukup yang paling atas sendiri.
    kalo masih bingung add YM: cemonggaul
    @arifin syams : selamat masbro :D

    ReplyDelete
  9. makasih mas sharenya aku juga sudah berhasil :)

    ReplyDelete
  10. bang IP blogger cara mengetahaui nya gimana bang tolong kasih tau

    ReplyDelete
  11. @shinigami : silahkan buka di petunjuknya mas. petunjuk pemasangan custom domain yang lengkap pas kita masukin pertama kali nama domain terus eror. diketerangan itu ada link.

    ReplyDelete
  12. Langkah selanjutnya adalah login ke intuit dan klik menu domain dan pilih "Advance DNS Stting". Itu Letaknya Di Mana??

    ReplyDelete
  13. Bang,link intuit itu apaan ?? stress ane cari T_T

    ReplyDelete
  14. Kayaknya intuit udah gak bisa lagi mas sekarang. Ini kan posting udah lama banget.

    ReplyDelete
  15. intuit itu apa mas? saya cari tidak ada. mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
  16. thanks mas... akhirnya jadi juga...

    ReplyDelete
  17. mas, punya cp yg lain selain ym ngga?? biar bisa dipandu step by step..

    ReplyDelete
  18. DUH,,DIGANTI PAKE APAAN INI??

    Host Nilai TXT TTL
    @ Edit ns1.idhostinger.com Edit 86400 Edit Hapus
    @ ns2.idhostinger.com 86400
    @ ns3.idhostinger.com 86400
    @ ns4.idhostinger.com 86400

    ReplyDelete

  19. Host Nilai TXT TTL
    @ Edit ns1.idhostinger.com Edit 86400 Edit Hapus
    @ ns2.idhostinger.com 86400
    @ ns3.idhostinger.com 86400
    @ ns4.idhostinger.com 86400
    DIEDIT PAKE APA?

    ReplyDelete

NO SARA NO SPAM. THANX