Pengaruh Lingkungan dan Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar -Tesis


Pengaruh Lingkungan dan Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar -Tesis

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal meliputi lingkungan dimana siswa tersebut berada, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Di lingkungan keluarga, orang tua sangat berperan dalam meningkatkan prestasi siswa. Namun, lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh yang akurat terhadap peningkatan prestasi tersebut.

ABSTRAK

Sungeb, Program Pascasarjana (S-2) Universitas Kanjuruhan Malang " Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (Studi Terhadap Siswa di SDN I Semanding Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung) ", Komisi Pembimbing, Ketua: Prof.Dr. Lilik Kustiani ,SS , MM Anggota: Drs.H.Moch.Amir Sutedjo,SH,MPd.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. (2) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. (3) mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama antara lingkungan tempat tinggal dan pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa yang ada di SDN Semanding 1. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan mengambil 90 % dari populasi. Sedangkan teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan analisis regresi linier berganda memakai uji t dan uji F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar siswa di SDN Semanding 1 Pucanglaban Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel (4,900 > 2,000); (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SDN Semanding 1 Pucanglaban Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil dari α (0,003 < 0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel (3,013 > 2,000); (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) antara lingkungan tempat tinggal, dan pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SDN Semanding 1 Pucanglaban Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi F yang lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) dan Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (25,801 > 8,570).

Download file lengkap Pengaruh Lingkungan dan Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar disini

5 comments:

  1. kunjungan perdana mas, sekalian baca-baca artikel nya.

    ReplyDelete
  2. wah mantep nie gan tertarik
    ijin sedot gan ach

    tugas selesai gan, :>)
    mampir juga ea gan

    ReplyDelete
  3. uhhh butuh sekali, tapi kok pakai password,,,,,
    jadi g bisa buka nih,
    mohon ijinnya

    ReplyDelete
  4. silahkan baca keterangan menganai post karya ilmiah di sidebar mas. semua gratis kok

    ReplyDelete
  5. tolong dong om paswoordnya

    ReplyDelete

NO SARA NO SPAM. THANX