Pengaruh Penggunaan Alat peraga Terhadap Prestasi Belajar

Pentingnya Alat Peraga Dalam Pembelajaran

Penggunaan Alat peraga Terhadap Prestasi Belajar
Tesis - Dalam proses pembelajaran sangat diperlukan penggunaan alat peraga yang sesuai dengan tujuan, materi, dan kemampuan siswa. Hal ini dapat berpengaruh terhadap cara belajar siswa. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang optimal, karena dengan alat peraga dapat membantu anak berfikir lebih konkrit dan menarik sehingga mudah diingat dan dipahami. 

ABSTRAK


SUWANDI, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang, Pengaruh Persepsi Tentang Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Segugus IV Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Komisi Pembimbing, Ketua :Dr. H. Didik Sukriono, SH., M.Hum Anggota : Dr. Supriyanto, S.Pd., M.Pd

Guru merupakan orang yang sangat penting dalam penyampaian materi pelajaran. Jika penyampaian materi tersebut tidak menarik minat belajar siswa, berakibat siswa akan sulit menerima materi pelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi pelajaran dan bervariasi.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh persepsi tentang penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa kelas VI bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri segugus IV Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. (2) mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri segugus IV Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. (3) mengetahui pengaruh persepsi tentang penggunaan alat peraga dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri segugus IV Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri segugus IV Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung sejumlah 60 siswa. Dari total populasi tersebut diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian, sehingga jumlah sampel adalah 60 siswa. Data-data penelitian tentang penggunaan alat peraga, data tentang cara belajar diperoleh melalui angket dengan menggunakan skala likert dan data prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Selanjutnya data-data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan computer SPSS versi 17

Secara umum hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa diperoleh nilai r hitung = 77,962 tingkat signifikan 0,006 dengan demikian hipotesis 1 diterima secara signifikan. Hasil analisis data cara belajar siswa diperoleh nilai r hitung = 10,010 tingkat signifikan 0,020 dengan demikian hipotesis 2 diterima secara signifikan.Hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai r hitung 1,239 dengan probabilitas 0,006 dengan demikian hipotesis 3 diterima.

Kesimpulan sebagai temuan hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan alat peraga dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Download file lengkap tesis "Pengaruh Penggunaan Alat peraga Terhadap Prestasi Belajar" disini

1 comment:

NO SARA NO SPAM. THANX