6 Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak Yang Benar - Celotehan Warung Kopi

6 Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak

Cara merawat rambut kering dan rusak agar hasilnya bisa maksimal membutuhkan penanganan yang tepat. Selain itu juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam proses perawatan-nya. Karena hasil yang maksimal tidak bisa diperoleh dengan cara yang instan. Butuh jangka waktu yang tidak sedikit agar mendapatkan hasil  bagus seperti yang Anda inginkan.

Ada berbagai macam faktor yang dapat membuat rambut rusak, antara lain:
  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Terkena sinar matahari yang terlalu lama
  • Terlalu sering rambut di rebonding, keriting, bleaching, dyeing
  • Penggunaan pengering dan styling yang berlebihan
  • Penggunaan bahan kimia dan juga banyaknya polutan dalam air
  • Terlalu keras ketika menggosok rambut
Selain faktor diatas, ada juga faktor internal yang bisa menjadi penyebab rambut rusak, seperti stress, insomnia, pola makan yang buruk, anemia dan kekurangan vitamin utamanya pada saat hamil dan menyusui.

Cara merawat rambut kering dan rusak


Ada 6 cara merawat rambut kering dan rusak yang bisa Anda coba lakukan. Apa saja itu?

1. Menggunakan campuran minyak zaitun dan kuning telur


Cara merawat rambut rusak yang pertama adalah dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan kuning telur sekali dalam seminggu selama satu bulan. Khasiat campuran minyak zaitun dan kuning telur ini adalah untuk membantu proses perbaikan rambut.Cara membuatnya : kuning telur dan 2 sendok makan minyak zaitun dicampur menjadi satu kemudian dioleskan pada rambut. Biarkan olesan tadi sekitar 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Perawatan menggunakan vitamin E


Vitamin E bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan sehingga dapat digunakan untuk merawat rambut Anda agar  terlihat indah, sehat dan juga halus. Cara penggunaannya : campurkan 5 sampai dengan 6 kapsul vitamin E yang bisa Anda beli di apotek dengan shampo yang biasa Anda pakai. Cukup mudah bukan?

3. Lakukan trim rambut satu bulan sekali dengan rutin


Trim rambut dapat menghilangkan rambut rusak, sekaligus juga dapat membantu pertumbuhan rambut Anda. Berikan trim pada rambut Anda secara rutin sebulan sekali.

4. Hindari penggunaan pengering rambut 


Penggunaan pengering rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda semakin parah. Oleh sebab itu hindarilah penggunaannya.Selain itu jangan menggosok rambut Anda dengan handuk terlalu keras. Bila perlu biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya secara alami.

5. Lakukan pemijatan pada kepala


Pemijatan pada kulit kepala sangat bermanfaat untuk memperkuat akar rambut Anda. Selain itu pemijatan pada kepala juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga Anda tidak mudah stress. Stress dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut, terutama mempercepat terjadinya uban.

6. Gunakan penutup kepala pada siang hari di luar ruangan


Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Kerusakan yang dihasilkan seperti rambut kering dan rambut pecah-pecah atau bercabang yang bisa mengakibatkan rambut rontok. Oleh sebab itu untuk merawat rambut rusak, gunakan penutup kepala seperti topi, kerudung, dan syal di saat Anda berada di luar ruangan pada siang hari agar rambut tidak semakin rusak parah. Penggunaan penutup kepala ini juga disarankan bagi yang rambut sehat sekalipun untuk mencegah kerusakan pada rambut.

Dengan menerapkan 6 cara merawat rambut kering dan rusak seperti diatas, mudah-mudahan dapat menjadi solusi bagi kesehatan sekaligus perawatan rambut Anda. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX