Cara Mudah Memilih Provider Internet Terbaik

Provider internet semuanya selalu memberikan janji-janji yang muluk. Misalnya; berkecepatan tinggi, harga murah, gratis internet, dan lain sebagainya guna menarik pelanggan agar menggunakan jasanya. Hal seperti itu sudahlah lumrah dalam dunia periklanan. Namun tahukah Anda cara memilih provider internet terbaik yang benar?

Cara memilih provider internet

provider internet
sumber foto: internet-service-provider.blogspot.com
Sebelum Anda menentukan menggunakan provider internet mana yang akan dipakai, alangkah baiknya Anda  mengikuti beberapa tips dalam memilih provider internet berikut ini;

1. Berapa banyak dana Anda

Langkah awal dalam memilih provider internet adalah menentukan budget yang tersedia. Bila budget yang tersedia itu banyak, berarti Anda bisa bebas memilih provider apapun yang Anda mau, yang berarti akan lebih mudah dalam memilihnya. Namun bila dana atau budget Anda pas-pasan, Anda hanya bisa memilih yang sesuai saja dengan dana yang tersedia, itu berarti Anda tidak lagi bebas memilih.

2. Sambungan DSL atau Dial-up modem

Setelah menentukan budget, langkah selanjutnya adalah memilih sambungan internet yang akan digunakan. Apakah akan menggunakan sambungan kabel (DSL) atau menggunakan sambungan nirkabel (dial-up modem). Semuanya ada yang murah ada juga yang mahal. Namun banyak yang bilang bahwa sambungan kabel (DSL) itu lebih bagus dari sambungan nirkabel. Tapi sambungan DSL ada kekurangannya, yaitu hanya bisa dipakai dirumah atau dikantor. Tidak dapat dibawa kemana-mana. Sedangkan sambungan nirkabel (dial up modem) keuntungannya bisa dibawa pergi kemana-mana, tinggal dicolokkan ke laptop atau tablet sudah bisa pakai asal ada sinyal.

2. Lihat lokasi Anda

Lokasi sangat mempengaruhi kecepatan dan koneksi internet. Bila lokasi Anda berada di kota yang merupakan basisnya sinyal, ini tidaklah menjadi masalah. Namun bila Anda bertempat di pelosok, Anda harus lebih jeli lagi dalam memilih. Biarpun provider internet yang Anda gunakan adalah yang pada umumnya berkecepatan tinggi dan mahal, bila daerah Anda tidak mendapatkan sinyal yang bagus, sudah hampir dapat dipastikan kecepatan dan koneksi yang Anda terimapun juga tidak akan bagus.

4. Cari referensi teman sewilayah atau tetangga

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan provider internet dengan sambungan nirkabel (dial up modem), sebaiknya tanyakan dulu pada tetangga terdekat atau teman yang sewilayah dengan Anda apa yang mereka gunakan. Bila perlu Anda pinjam dulu modem teman atau tetangga Anda untuk dicoba dirumah. 

5. Cari yang belum banyak penggunanya

Disini saya asumsikan kita mendapat sinyal bagus dari semua provider internet. Bila yang terjadi seperti itu, sebaiknya carilah yang mesih sedikit penggunanya. Karfena bandwith yang ada masih belum begitu banyak terbagi. Semakin banyak pengguna, maka semakin banyak pula pembagian bandwith yang berpengaruh besar pada kecepatan internet yang kita terima.

Manakah provider internet terbaik?


Setelah melewati tahap-tahap diatas, kiranya Anda sudah bisa menentukan sendiri provider internet terbaik yang sesuai dengan Anda. Karena baik menurut orang lain belum tentu akan baik juga bila kita gunakan. Namun satu hal yang perlu diingat, jangan mudah tergoda dengan iklan yang ada baik di TV maupun di media lainnya. Semuanya perlu diselidiki terlebih dahulu. Lebih baik teliti sebelum membeli daripada menyesal di kemudia hari. Apakah Anda memiliki tips lain lagi tentang cara memilih provider internet terbaik? Bila iya silahkan berikan tips Anda pada kotak komentar yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. informasi yang bagus sobat. thanks for share

    kunjungin blog ane juga sobat, untuk berbagi info
    www.caramerawatrambut.info

    ReplyDelete

NO SARA NO SPAM. THANX