Cara Merawat Rambut Rusak Rekomendasi Ahli

Cara merawat rambut rusak bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena untuk merawatnya tidaklah bisa disamakan  begitu saja. Harus diketahui dulu apa penyebab rambutnya rusak, baru kemudian diambil tindakan yang sesuai dengan masalah yang dialaminya. Namun satu hal yang pasti, cara merawat rambut rusak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus agar bisa kembali sehat, indah dan menawan.

cara merawat rambut rusak
sumber foto: http://www.cuplik.com
Banyak orang yang mempunyai keluhan dengan rambutnya. Terutama bagi kaum hawa yang notabene rambut merupakan perhiasan sekaligus mahkota mereka. Walaupun tidak sedikit pula kaum adam yang juga menganggap seperti itu, tapi biasanya kaum adam tidaklah begitu stress bila terjadi kerusakan pada rambut, tinggal diplontos sudah selesai permasalahannya. Sangat berbanding terbalik dengan wanita, karena tidak mungkin kaum perempuan akan memelontosi kepala seperti laki-laki bila tidak karena suatu hal yang mendesak dan mengakibatkan harus gundul, seperti sakit misalnya.

Bila Anda mempunyai keluhan yang sama, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini.

5 Cara Merawat Rambut Rusak


Cara merawat rambut rusak yang akan kami sajikan berikut mungkin bisa membantu Anda. Apa saja 5 cara itu? silahkan simak berikut ini;

1. Hindarkan rambut dari panas

Panas dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut kering yang dapat mengakibatkan rambut menjadi pecah dan bercabang. Selain itu juga dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh sebab itu, apabila Anda mempunyai keluhan rambut rusak, hindarkan rambut Anda dari panas. Termasuk penggunaan hair dryer. Bila rambut Anda basah karena habis keramas, cukup dikeringkan dengan handuk seperlunya saja, kemudian biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya secara Alami. Begitu juga bila Anda berada di luar ruangan pada siang hari, gunakanlah topi, kerudung, syal atau bisa juga payung agar rambut Anda tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Jangan terlalu keras menggosok rambut

Dalam menggunakan handuk, jangan terlalu keras menggosoknya. Karena bisa mengakibatkan rambut Anda semakin kusut dan juga bisa mengakibatkan rambut Anda patah. Lakukan dengan perlahan dan lembut agar rambut Anda tidak semakin rusak. Hal ini juga berlaku pada saat menyisir rambut. Saat menyisir rambut usahakan jangan terlalu keras menariknya, bila tidak ingin rambut Anda patah. 

3. Pakailah shampo yang bersifat ringan/ mild

Untuk perawatan rambut rusak, gunakanlah shampo yang sifatnya ringan. Seperti shampo bayi misalnya, yang bisa Anda dapatkan di toko-toko dan warung terdekat. Dengan menggunakan shampo yang sifatnya ringan akan memperkecil hilangnya minyak alami pada kepala yang merupakan pelindung rambut kita. 

4. Gunakan conditioner

Untuk rambut yang bertipe kering sebaiknya gunakanlah conditioner setelah keramas. Conditioner dapat melindungi rambut Anda dan juga bisa dijadikan alternatif pengganti minyak rambut yang kerap kali hilang dari rambut kita. Dengan begitu rambut Anda akan terasa lebih lembut dan tampak lebih sehat.

5. Gunakanlah minyak

Selain conditioner, minyak rambut juga dapat dijadikan alternatif pengganti minyak alami yang sering hilang dari kulit kepala dan rambut Anda. Namun jangan asal minyak. Minyak rambut yang baik adalah minyak yang berasal dari alam. Sebagai contoh minyak dari buah jarak. Cara penggunaannya; ambil sedikit saja minyak jarak kemudian dipanaskan. Setelah kira-kira hangat-hangat kuku, gunakanlah minyak jarak itu untuk dioleskan pada seluruh rambut dan kulit kepala yang ditumbuhi rambut. Pijit-pijit secara perlahan agar minyak jarak itu meresap ke dalam kulit kepala Anda.

Itulah 5 cara merawat rambut rusak yang dapat Anda coba praktekkan sendiri di rumah. Dengan mengikuti beberapa tips diatas semoga rambut Anda bisa kembali sehat seperti sedia kala. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX