Antisipasi jika Muncul Api di Mobil Anda

Antisipasi jika Muncul Api di Mobil Anda

Antisipasi jika Muncul Api di Mobil Anda - Masalah mobil terbakar seperti tak ada habisnya. Juga dalam 3 bln. paling akhir ditemukan sebagian masalah mobil terbakar, diantaranya Kia Carens yang terbakar di Jalur Jenderal Sudirman (26/9/2013).  Ada juga Toyota Avanza, yang hangus disebabkan korsleting pada system audio waktu parkir di restoran cepat saji, Lokasi Mega Mas, Manado (31/8/2013), serta mobil boks Suzuki Carry terbakar di Kembangan, Jakarta, (10/10/2013).

Peristiwa itu punya potensi menelan korban jiwa bila tak diantisipasi dengan benar. Tak hanya hindari beberapa hal yang dapat mengakibatkan munculnya api di mobil, ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan dalam usaha penyelamatan.

Umumnya api atau asap yang nampak di mobil dikarenakan lantaran korsleting. Diluar itu, ada kebocoran bensin yang terkena percikan atau permukaan yang benar-benar panas.

Di bawah ini sebagian langkah antisipasi untuk hindari berkembangnya api serta juga timbulnya korban, menurut Imam Choiri, pakar kelistrikan mobil dari AP Speed :

1. Terus tenang serta janganlah panik. Lekas pinggirkan mobil ke area aman.

2. Lekas matikan mobil serta cabut kunci dari kontaknya. Lalu lekas tinggalkan mobil bila api cepat membesar.

3. Bila tetap tergolong aman, buka kap mesin, lalu cabut satu diantara kepala aki dari kutubnya. Hati-hati, kadang-kadang komponen itu panas, pakai lap bila mau buka dengan cara paksa memakai tangan. Langkah ini dapat mematikan aliran listrik yang ada di mobil.

4. Sesudah mencabut kepala aki, bila tetap aman serta pernah, lekas matikan api dari sumbernya memakai air atau kain basah. Tak ada salahnya sediakan alat pemadam aki mudah (APAR) jenis semprot yang di jual di toko aksesories mobil.

<<<Kompas Otomotif>>>

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX