Periksa Payudara Anda Minimal Sebulan Sekali

Periksa Payudara Anda Minimal Sebulan Sekali
Periksa Payudara Anda Minimal Sebulan Sekali - Kanker payudara sebenarnya dapat dihindari. Dengan tahu ada benjolan pada payudara dari awal, maka penyembuhan bisa dikerjakan secepatnya.
Ada benjolan dapat di ketahui melalui kontrol payudara sendiri yang dimaksud SADARI. Kontrol yang cuma memerlukan sebagian detik ini relatif gampang dikerjakan, hingga setiap wanita di pastikan dapat mengerjakannya.
“SADARI sekurang-kurangnya dikerjakan sebulan sekali waktu tak tengah datang bln.. Wanita berumur di atas 20 th. baiknya mulai lakukan kontrol ini lantaran berisiko semakin besar terkena kanker, ” kata onkolog Dr. Martha Roida Manurung dari RS. Dharmais, Jakarta.
Kontrol SADARI tambah baik dikerjakan waktu telah usai datang bln.. Hal semacam ini karena keadaan payudara waktu menstruasi lebih keras, di banding waktu tengah tak datang bln.. Mengakibatkan wanita tak dapat membedakan keras payudara lantaran perkembangan sel kanker atau dampak hormon.
Kontrol SADARI selesai datang bln. juga meringankan wanita membedakan benjolan lantaran tumor atau adalah kelenjar susu. Benjolan lantaran tumor, kata Martha, mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi. Benjolan ini juga tak menyebar di semua payudara. Keadaan ini jelas tidak sama dengan kelenjar susu yang mempunyai tingkat kekerasan lebih rendah, serta menyebar rata di semua organ payudara.
Periksa Payudara Anda Minimal Sebulan Sekali“Sebaiknya kerjakan dengan jarak 10-20 hari dari hari pertama menstruasi. Walaupun jelas tidak sama, bukan hanya hal gampang membedakan benjolan pada payudara wanita. Karenanya periksalah sesegera barangkali waktu telah usai menstruasi, ” kata Martha.

Ia juga merekomendasikan wanita menghendaki pertolongan tenaga service kesehatan primer apabila tak merasa meyakini.
Tak hanya benar-benar gampang, SADARI mempunyai sensitifitas sampai 90 %. Hal semacam ini karena wanita memeriksa tubuhnya sendiri, hingga tak perlu merasa malu. Keadaan ini meringankan wanita rasakan apabila ada yg tidak beres dengan payudaranya.
Benjolan yang ada setelah itu dapat lekas ditanyakan ke dokter. “Sebanyak 9 dari 10 benjolan yang ada umumnya bukan hanya kanker. Karenanya periksakan lekas agar selekasnya tahu kondis benjolan serta beroleh terapi, ” jelas Martha.
Langkah SADARI
Tersebut langkah kontrol payudara sendiri (SADARI)
1. Badan menghadap cermin serta ke-2 tangan di pinggul
Sembari berkaca cermati wujud serta ukuran payudara, dan warna putingnya. Ukuran serta wujud payudara yang biasanya berbeda pada kanan serta kiri. Apabila satu diantaranya beralih wujud baiknya wanita butuh waspada.
2. Angkat tangan ke atas serta cermati kembali penampakan payudara
Pada posisi ini cermati adakah lesung, luka, atau keriput pada kulit payudara. Posisi ini juga sangat mungkin untuk kembali lihat apakah puting beralih posisi.
3. Tekan puting payudara
Pada step ini dapat dipandang apakah puting keluarkan cairan kekuningan, kemerahan, atau darah. Cairan yang keluar mengisyaratkan ada pergantian dalam sel payudara. Wanita mesti lekas berkonsultasi ke dokter apabila puting mulai keluarkan cairan.
4. Periksa payudara dengan gerak memutar
Kontrol pada step ini ada dalam posisi tangan diangkat. Apabila yang diangkat tangan kanan, maka kontrol dikerjakan pada payudara yang sama. Gerakan memutar diawali dari puting, sampai batasan payudara kanan serta kiri. Kontrol juga baiknya meluas hingga ketiak.
Seluruh bagian baiknya dikerjakan dalam posisi berdiri, duduk, serta tidur dalam keadaan payudara licin. Hal semacam ini untuk memberikan keyakinan ada tidaknya benjolan dalam payudara wanita.

“Saat ini wanita umur 20 th. telah ada yang terkena kanker payudara. Karenanya, janganlah sangsi lakukan kontrol lekas dengan SADARI, ” kata Martha.

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX