Selamatkan Anak Kita Dari NARKOBA - Cemonggaul.Com

Cemonggaul.Com - Hari ini Cemonggaul.Com melihat sepanduk di sekolahan SD Tertek I, II Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung yang berbunyi "RAIH MASA DEPANMU DENGAN CERIA, JAUHKAN DIRIMU DARI NARKOBA". Sungguh suatu slogan yang singkat tapi mengena apalagi bila dipasang di sekolahan. Berawal dari situ Cemonggaul.Com saat ini juga akan ikut berpartisipasi mengkampanyekan gerakan Indonesia anti narkoba dengan artikel berjudul "Selamatkan Anak Kita Dari Narkoba." 

Selamatkan anak kita dari narkoba

NARKOBA di Kalangan Pemuda Adalah Momok Bangsa


Narkoba sudah menjadi momok bangsa Indonesia selama ini. Walaupun sudah berulang kali aparat melakukan pengungkapan demi pengungkapan terhadap kasus Narkoba, ternyata masih belum juga menurunkan angka kejahatan ini. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai bukti seringnya bandar, kurir, pengguna, bahkan pabrik narkoba yang sudah terungkap oleh kepolisian, ternyata tidak berselang lama ditemukan lagi kasus serupa dengan orang yang berbeda. 

Pengguna narkoba di Indonesia sudah menjangkau hampir semua kalangan. Mulai dari artis, pejabat, dan yang paling menyedihkan adalah para pelajar seperti yang sering kita lihat di media baik cetak maupun elektronik. Dan yang lebih memprihatinkan lagi seperti yang dicatat oleh BNN, 80% pengguna narkoba adalah kalangan pemuda yang notabene adalah generasi penerus bangsa. Sungguh suatu ironi disaat pemerintah sedang berusaha menggalakkan pendidikan modern bertaraf internasional. Kalau hal ini tidak segera ditangani dengan serius, mau jadi apa negara dan bangsa Indonesia ini.

Semua kalangan harus waspada terhadap bahaya NARKOBA


Meningkatnya korban setiap tahun akibat narkoba, sudah sepatutnya dijadikan alarm peringatan bagi semua kalangan, mulai dari guru, pemerintah, lingkungan dan yang terutama orang tua. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena bila sampai kita lengah sedikit saja, akan fatal akibatnya dan tentu akan menjadi sesal di kemudian hari.

Di sekolah guru harus mampu mengawasi dan memberikan pengarahan akan bahaya yang ditimbulkan oleh narkoba. Sedangkan di luar sekolah, guru-pun juga harus bisa menjaga sikap dan perilaku yang baik agar bisa menjadi contoh dan panutan anak didiknya. Jangan sampai ada kasus guru bersikap tidak baik, terlebih guru mengkonsumsi narkoba. Karena hampir bisa dipastikan hal itu akan diikuti oleh muridnya.

Sedangkan tugas pemerintah adalah membuat undang-undang dan melakukan tindakan. Tindakan yang tegas bagi para pelaku kejahatan narkoba ini. Terlutama bagi pelaku kejahatan yang berasal dari kalangan aparat pemerintah, baik itu polisi, DPR, pegawai negeri, atau siapapun yang bekerja sebagai pelayan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan agar pemerintah bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dan akhirnya upaya pemberantasan narkoba bisa berjalan dengan semestinya. Selain itu, berikan sanksi yang seberat-beratnya bagi para bandar narkoba tanpa memandang bulu. Alangkah baiknya bila grasi bagi para gembong narkoba dihilangkan saja. Biar dijadikan pelajaran bagi orang lainnya agar berpikir seribu kali bila ingin melakukan hal serupa. 

Selain guru dan pemerintah, lingkungan sekitar atau masyarakat juga harus ikut menjaga lingkungan sekitarnya agar terhindar dan bebas dari peredaran narkoba. Bila mengetahui adanya upaya pembuatan pabrik, transaksi maupun pelaku pengguna narkoba segera mungkin untuk dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Jangan hanya diam saja bila melihat adanya peredaran narkoba di sekitarnya.

Dan yang paling utama adalah orang tua. Tugas dan kewajiban kita sebagai orang tua adalah menjaga, mendidik, mengarahkan, sekaligus memberikan contoh yang baik bagi anak. Banyak kasus menyatakan bahwa anak nakal, bahkan sampai mengkonsumsi narkoba itu dikarenakan kurangnya perhatian dari orang tuanya. Keluarga broken home semakin memperbesar kemungkinan itu. Sebab itulah, sebisa mungkin hindari perselisihan yang sangat dengan suami atau istri dan berikan pengarahan sekaligus contoh yang baik bagi buah hati. 

Akhir kata, semoga artikel kampanye berjudul "SELAMATKAN ANAK KITA DARI NARKOBA" ini bisa memberikan inspirasi dan pencerahan bagi kita semua. Dan semoga Negara kita Indonesia bisa benar-benar terbebas dari NARKOBA.

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX