Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 2


KEGIATAN BELAJAR 2
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA

A.     PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA
Strategi bermakna rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Di dalam proses pembelajaran guru harus memiliki strategi agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Salah satu unsur dalam strategi pembelajaran adalah menguasai teknik-teknik penyajian atau metode mengajar. Beberapa ciri metode belajar yang baik, yaitu:
1.      mengundang rasa ingin tau murid;
2.      menantang murid untuk belajar;
3.      mengaktifkan mental, fisik dan psikis murid;
4.      memudahkan guru;
5.      mengembangkan kreatifitas murid; dan
6.      mengembangkan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari.
Beberapa metode yang perlu dikuasai guru dalam mengatur strategi pembelajaran bahasa, yaitu:
  1. diskusi;
  2. inkuiri;
  3. sosiodrama atau bermain peran;
  4. tanya jawab;
  5. penugasan;
  6. latihan;
  7. bercerita;
  8. pemecahan masalah;
  9. karya wisata.
B.     CONTOH PENERAPAN TEKNIK PENYAJIAN DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA
  1. Teknik Diskusi
Tujuan penggunaan teknik diskusi agar siswa dapat:
a.       mengembangkan pengetahuannya untuk mengatasi masalah;
b.      menyampikan pendapatnya dengan bahasa yang baik dan benar;
c.       menghargai pendapat orang lain;
d.      berpikir kreatif dan kritis.
Dalam teknik diskusi siswa dilatih untuk:
a.       merumuskan masalah;
b.      menetapkan tema pembicaraan;
c.       menyampaikan pendapat dengan bertanggung jawab;
d.      menghargai pendapat orang lain;
e.       menarik kesimpulan;
f.        menyusun laporan diskusi.
  1. Inkuiri
Inkuiri adalah suatu cara yang digunakan guru untuk mengajar di depan kelas yang dapat dilakukan dengan cara murid-murid diberi kesempatan untuk meneliti suatu masalah sehingga ia dapat menemukan cara penyelesaiannya.
Tujuan teknik inkuiri
a.       Membentuk dan mengembangkan rasa percaya diri
b.      Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri
c.       Mengembangkan bakat dan kecakapan individu
d.      Memberi siswa kesempatan untuk belajar sendiri
e.       Mendorong murid untuk memperoleh informasi
Dengan teknik inkuiri ini siswa dilatih untuk:
a.       menyusun rencana kegiatan;
b.      menentukan sasaran kegiatan;
c.       menentukan target kegiatan;
d.      berkomunikasi dengan orang lain;
e.       mencari sumber informasi.
  1. Sosiodrama dan Bermain Peran
Teknik sosiodrama ialah mendramatisasikan dan mengekspresikan tingkah laku, ungkapan, gerak-gerik seseorang dalam hubungan sosial antarmanusia.
Tujuan teknik sosiodrama dan bermain peran adalah agar siswa dapat:
a.       memahami perasaan orang lain;
b.      menempatkan diri dalam situasi orang lain;
c.       mengerti dan menghargai perbedaan pendapat.
Dalam sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berlatih:
a.       menjiwai peran yang dimainkan;
b.      mengemukakan pendapat;
c.       memecahkan masalah bersama;
d.      menarik kesimpulan dari sebuah peristiwa; dan
e.       bersosialisasi dengan lingkungan.
  1. Teknik Tanya Jawab
Tanya jawab adalah suatu teknik untuk memberi motifasi para murid agar timbul keberaniannya untuk bertanya atau menjawab pertanyaan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
Tujuannya adalah sebagai berikut ini
a.       Siswa dapat mengerti dan mengingat kembali materi yang dipelajari, didengar atau dibaca.
b.      Siswa dapat berpikir secara kronologis atau runut.
c.       Siswa dapat mengetahui taraf pengetahuan dan pemahamannya.
d.      Siswa dapat memahami bacaan.
Dalam tanya jawab siswa berlatih:
a.       merumuskan pertanyaan;
b.      menyebutkan fakta;
c.       menyampaikan opini atau tanggapan;
d.      mengungkapkan kembali uraian secara runut;
e.       menggunakan kata tanya;
            f.    bersikap kritis.

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX