Cara Tepat Menangani Penyakit Arthritis - Cemonggaul.Com

Mengenal Gejala Penyakit Arthritis

Beberapa hari ini Cemonggaul.Com lebih suka membuat artikel tentang kesehatan. Seperti halnya kemarin Cemonggaul telah membuat artikel kesehatan tentang penyakit kencing manis, cara alami agar kulit halus,  dan cause and prevent chapped lips. Kali inpun masih akan membuat artikel yang membahas tentang kesehatan yaitu "cara menangani penyakit arthritis".


Arthritis adalah penyakit gangguan pada pada persendian atau biasa disebut radang sendi. Menurut pandangan secara umum yang ternyata salah kaprah dikatakan sebagai penyakit orang tua. Penyakit Arthritis ditandai dengan rasa nyeri, kaku, dan kadang-kadang menyebabkan pembengkakan pada sendi. Sebenarnya penyakit Arthritis termasuk jenis penyakit heterogen, yang berarti bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Jenis penyakit Arthritis ada banyak sekali, lebih dari 100 jenis termasuk didalamnya adalah gout, fibromyalga, dan lupus. Tapi yang paling umum terjadi adalah Osteoarthritis, yaitu kondisi dimana terdapat kerusakan pada tulang rawan di ujung sendi tulang, seperti tangan, pinggul, lutut dan punggung. Karena tanpa adanya bantalan, maka terjadi gesekan antar tulang yang akhirnya menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan bahkan terjadi perubahan pada tulang. 

Saat ini masih belum ada pengobatan yang terbukti telah berhasil menyembuhkan penyakit Arthritis secara total. Walaupun begitu beberapa cara berikut ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan rasa tidak nyaman, serta mencegah kemungkinan cacat seumur hidup.

Cara-cara Menangani Penyakit Arthritis

Akupuntur dan Akupressur

Teknik pengobatan Akupuntur sudah ada sejak lebih dari 2500 tahun yang lalu sebagai pengobatan dari berbagai macam penyakit. Pengobatan akupuntur untuk penyakit Arthritis sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan penyakit itu. Tusukan jarum pada akupuntur dimaksudkan agar merangsang titik energi agar bisa seimbang dan akhirnya memulihkan kesehatan. 

Sedangkan Akupressur adalah suatu teknik yang dalam prakteknya berfungsi seperti akupuntur. Yang membedakan adalah kalau akupuntur menggunakan alat jarum, kalau akupressur menggunakan ujung jari. Dengan menekan beberapa titik yang terdapat pada tubuh, dapat menghindari penumpukan asam laktat, yang akhirnya dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Terapi Pijat dan Refleksiologi

Teknik pemijatan adalah cara pengobatan kuno untuk mengurangi rasa nyeri yang sudah ada sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu. Dengan melakukan pemijatan pada bagian tubuh dapat membantu penderita rileks dan membiarkan darah mengalir melalui tubuh secara alami sehingga mengurangi rasa sakit yang diderita. 

Sedangkan refleksiologi adalah bentuk lain dari teknik pijat yang berdasarkan pada pengetahuan terhadap susunan syaraf organ tubuh dipengaruhi oleh syaraf yang ada pada telapak kaki. Sehingga ketika tekanan diberikan pada bagian kaki tertentu daerah lain pada tubuh akan merasa rileks atau santai.

Terapi Flotasi

Terapi flotasi biasanya digunakan untuk pengobatan radang sendi. Metode ini mengharuskan pasien untuk mengapung di kolam yang sudah diisi dengan garam epsom. Garam epsom sudah terkenal berbagai kalangan sebagai penghilang rasa sakit. Cara kerjanya adalah dengan merangsang produksi hormon endrofin pada tubuh.

Terapi Panas dan Dingin

Terapi panas bisa berupa mandi air hangat, menyeka, menggunakan hawa panas, atau penggunaan sinar inframerah pada daerah yang terasa nyeri. Teknik terapi panas ini adalah teknik tertua untuk pengobatan penyakit arthritis. Dengan mengirimkan hawa panas ke persendian sudah terbukti efektif dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit arthritis.

Selain terapi panas, ada pula teknik sebaliknya, yakni terapi dingin. Metode yang digunakan juga sama dengan terapi panas tadi. Yang menjadi perbedaan hanyalah media yang dipakai, kalau terapi panas menggunakan media seperti air panas/ hangat atau bisa juga alat pemanas, sedangkan terapi dingin media yang digunakan bisa berupa es/ kompres dingin. Namun perlu diingat, jangan pernah menggunakan terapi dingin ini lebih dari 20 menit, karena dingin yang berlebihan dapat merusak kulit.

TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation)

TENS adalah pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan stimulasi listrik pada saraf yang dimaksudkan untuk memblokir sinyal rasa sakit yang ditimbulkan penyakit arthritis ke otak. Cara pengobatannya adalah dengan menempatkan elektroda pada permukaan kulit kemudian diberi aliran listrik dengan tegangan rendah. Arus listrik itu dapat menghasilkan sensasi getar dan sedikit kesemutan.

Diet

Dengan mengatur diet yang tepat dapat diyakini dapat membantu dalam mengatasi penyakit arthritis. Dengan mengurangi konsumsi produk hewani, kecuali ikan, dan meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu Anda terhindar dari penyakit arthritis.

Konsumsi daging terutama jeroan harus dihindari, karena dapat memicu penumpukan asam laktat pada sendi. Jenis bahan makanan dari keluarga kentang-kentangan, tomat, terong dan paprika sangat mungkin dapat memperburuk gejala penyakit arthritis. Jadi perlu Anda hindari.

Itulah tadi beberapa cara menangani penyakit arthritis. Tapi perlu diingat, hampir semua perawatan kesehatan merupakan suatu proses yang harus ditempuh. Dengan menerapkan berbagai macam terapi diatas, Anda dihadapkan pada proses penyembuhan yang menuntut kesabaran, ketekunan, dan yang paling utama adalah doa agar proses penyembuhan Anda bisa berlangsung dengan optimal yang akhirnya dapat membantu proses penyembuhan Anda. Semoga bermanfaat. Sumber: Tabloit Harmoni HD Indonesia

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX