Waspadalah! Kencing Manis Menyebabkan Komplikasi Penyakit

Kencing Manis Menjadi Penyebab Komplikasi Penyakit

Cemonggaul.Com -Setelah pada artikel kesehatan kemarin tentang cara mendapatkan kulit halus alami dan  cause and prevent chapped lips, kali ini Cemonggaul.Com akan mengulas tentang penyakit kencing manis  sebagai penyebab komplikasi penyakit.



Kencing manis atau Diabetes Militus adalah penyakit dimana hilangnya kontrol tubuh terhadap kadar gula dalam darah sehingga glukosa yang sebetulnya sebagai sumber tenaga atau energi justru tercecer dalam perjalanannya, bahkan sampai dikeluarkan lagi melalui pembuangan air seni. Penyakit ini bila dibiarkan lambat laun akan membuat kerusakan pada saraf dan pembuluh darah yang akan menimbulkan berbagai macam komplikasi penyakit.

Gejala dan Dampak Penyakit Kencing Manis

Biasanya penyakit diabetes militus atau kencing manis diawali dengan gejala-gejala seperti berikut ini;
  • Dehidrasi dan Perasaan haus yang terus-menerus
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Kelelahan
  • Berat badan yang naik kemudian turun tiba-tiba
  • Gangguan pada fungsi penglihatan
  • Luka yang tak kunjung sembuh atau penyembuhan luka yang lama
Jadi, bila Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, berhati-hatilah. Karena kemungkinan besar penyakit kencing manis sudah bercokol dalam diri Anda. Bila tidak segera ditangani, dalam jangka panjang Anda bisa menderita komplikasi penyakit seperti penyakit jantung, ginjal, mata, pembuluh darah di kaki, organ seksual, paru-paru, gigi dan berbagai penyakit lainnya.

Potensi kematian pada orang yang terkena penyakit jantung  dan pembuluh darah pada penderita kencing manis atau diabetes ini 2-3 kali lebih besar. Asosiasi Diabetes Amerika dan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia merekomendasikan agar penderita juga diharapkan mengendalikan faktor lain secara bersamaan agar penyakit tidak semakin akut. Tensi harus diturunkan sampai dibawah 130/80, trigliserida dibawah 150, LDL dibawah 100, dan HDL harus diatas 40 mg/dl.

Apa yang harus dilakukan penderita kencing manis?

Yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit kencing manis tentu saja minum obat secara teratur serta mengatur pola makan dan pola hidup. Bisa juga ditambahkan dengan mengkonsumsi bahan nabati berkhasiat seperti kulit manggis dan daun sirsak. 

Kulit buah manggis mengandung senyawa xanthone. Senyawa ini dikenal sebagai antioksidan tingkat tinggi dan bahan aktif yang stabil dalam tubuh manusia. Kandungan antioksidan kulit buah manggis adalah 17.000 - 20.000 orac per 100 ounce. Berdasarkan penelitian Dr. Templeman, sifat antioksidan yang hanya ada pada kulit manggis ini dapat meningkatkan kontrol terhadap glukosa dengan efektif pada penderita kencing manis atau diabetes dengan meningkatkan fungsi pankreas untuk menghasilkan insulin.

Sedangkan sirsak dipercaya mampu menurunkan atau menjaga kadar gula dalam darah pada batasan normal. Batas normal kadar gula darah dalam tubuh bervariasi antara 70 mg/dl hingga 120 mg/dl. Dengan khasiat tersebut, kabarnya daun sirsak bermanfaat bagi penyandang diabetes. Mulyadi Tedjapranata, Direktur Klinik Medizone, menjelaskan, sirsak mengandung zat gizi penting bagi tubuh. Daun dan buah sirsak mengandung senyawa penting, seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan Vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida, serta asetogenin.

Demikianlah tadi artikel Cemonggaul.Com yang berjudul "Waspadalah! Kencing Manis Menyebabkan Komplikasi Penyakit" yang diambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX