Tata Surya Miring Pertama di Alam Semesta


Surya Miring Pertama di Alam Semesta -  Memakai teleskop Kepler punya Tubuh Penerbangan serta Antariksa Amerika Serikat (NASA), astronom sukses temukan tata surya miring pertama di alam semesta.

Tata surya itu disebutkan miring karena bidang orbit planet serta ekuator bintang membuat pojok ekstrem. Bidang orbit Bumi memanglah juga membuat pojok dengan ekuator Matahari, namun cuma 7, 2 derajat, benar-benar kecil.


Daniel Huber dari Ames Research Center, NASA, di Moffet Field, California, pelajari tata surya yang berpusat pada bintang Kepler 56, berjarak 2. 800 th. sinar dari Bumi.

Kepler 56 yaitu bintang yang empat kali semakin besar serta sembilan kali lebih terang dari Matahari. Tata surya yang berpusat pada bintang itu memiliki dua planet yang mempunyai bidang orbit yang sama, mengorbit bintangnya pada jarak lebih dekat dari jarak Matahari-Merkurius. Memakai Kepler, astronom pelajari tujuan bintang Kepler 56.

Langkahnya adalah dengan mempelajari variasi kecerlangannya dan lihat dari bermacam pojok pandang. " Observasi membuka bahwasanya bidang ekuator bintang dengan bidang orbit planet bersudut 45 derajat. Ini yaitu surprise besar, " ungkap Huber seperti diambil Nature On-line, Kamis (17/10/2013).

Untuk tahu karena kemiringan itu, ilmuwan mengukur kecepatan gerak Kepler 56 di angkasa dengan menggunakan teleskop Keck I di Hawaii.

Lewat cara itu, astronom membuka bahwasanya karena kemiringan yaitu ada object lain yang menarik bintang serta bikin planet miring. Sesaat, dua planet terus ada pada satu bidang lantaran satu planet perlu saat 2 x planet yang lain untuk melingkari bintang. Jadi, mereka sama-sama mendorong dengan gravitasinya.

" Ini yaitu penemuan yang benar-benar menarik. Inilah alam, Anda mengobservasi serta temukan hal yang mengagumkan, " ungkap Amaury Triaud, astronom dari MIT.

(kompas-sain)

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX