Peran Penting Air Bagi Tubuh Manusia - Cemonggaul.Com

Cemonggaul.Com - Air bagi tubuh manusia memiliki peran yang sangat penting. Bila kita haus maka air-lah satu-satunya yang bisa mengobati rasa dahaga itu. Coba bayangkan bila kita kekurangan air? Sudah tentu tubuh merasa lemas karena kekurangan cairan. Rutinitas minum tersebut terjadi secara otomatis. Dan Tuhan juga telah menyediakan air yang berlimpah bagi manusia dan semua makhluknya karena seperti kita ketahui bahwa sebagian besar bumi terdiri dari air.


Kandungan air dalam tubuh manusia

Menurut tabloid Harmoni edisi September 2011, sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan pada beberapa bagian tubuh manusia seperti otak dan darah memiliki kadar air yang lebih dari 80%. Kandungan air dalam otak sebanyak 90%, sedangkan kandungan air dalam darah sebanyak 95%. Jadi bisa disimpulkan bahwa organ tubuh manusia yang paling membutuhkan cairan adalah darah dan otak.

Seluruh organ tubuh manusia diatur oleh air karena jumlah kandungan air yang begitu banyak. Pada jaringan otot saja, terkandung antara 50% - 70% air. Jumlah ini hampir mencakup setengah dari keseluruhan air yang terdapat dalam tubuh manusia. Sementara darah yang mengalir dalam tubuh manusia juga terdiri dari 80% air. Begitu juga dengan otak, terdapat sekitar 78 - 85% kandungan air didalamnya. Pada komponen tulang terdapat 20 - 33% kandungan air. Bila di-kalkulasi 5/8 dari cairan tubuh terdapat dalam sel, sedangkan sisanya berada diluar sel atau lebih tepatnya berada diantara sel dan didalam sirkulasi tubuh.

Pengaruh air terhadap organ tubuh manusia

Setelah kita mengetahui kandungan air dalam tubuh manusia yang begitu banyak, berarti air memiliki peran penting terhadap organ-organ tubuh manusia. Berikut adalah hubungan organ tubuh manusia dengan air agar bisa bekerja secara maksimal dan akhirnya tidak menimbulkan gangguan kesehatan;

Ginjal dan air

Fungsi ginjal adalah menyaring dan mengontrol volume darah untuk mengolah limbah serta menghilangkan kelebihan garam dari darah. Sudah pasti air memegang peran penting dalam prosesnya. Bila kita tidak minum air yang cukup, fungsi ginjal sebagai penyaring dan pengolah limbah agar bisa keluar dari tubuh tidak bisa maksimal dan ini bisa menyebabkan penyakit seperti batu ginjal. 

Jantung dan air

Jantung berfungsi untuk mangalirkan darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Bila kita tidak meminum air yang cukup, kandungan air dalam darah-pun akan berkurang, dan ini bisa mempengaruhi kerja jantung. Karena jantung akan bekerja lebih ekstra agar darah bisa dipompa dan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Dan Anda tahu sendiri apa akibatnya bila jantung sampai kelelahan dan akhirnya ngambek untuk bekerja.

Otot dan air

Seperti telah disebutkan diatas, kandungan air dalam tubuh manusia berkisar antara 50 hingga 70%. Jika kita kekurangan air, maka otot akan berkurang tingkat lentur-nya. Pada saat ber-olahraga, otot akan bekerja lebih keras dan membutuhkan darah untuk mengalirkan lebih banyak oksigen dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Bila zat yang diperlukan oleh tubuh tidak mencukupi, maka otot dan tendon akan kehilangan kemampuan bekerja dan cenderung rentan untuk robek. Oleh sebab itu untuk mencegah cedera pada otot, pastikan untuk minum air sebelum dan sesudah ber-olahraga.

Paru-paru dan air

Perlu Anda ketahui, pada saat bernafas kita juga menghembuskan uap air. Pada saat tubuh sedang istirahat, kita bernafas sebanyak 12 kali per menit. Disaat kondisi seperti ini, uap air yang dihembuskan sebesar 12,5ml / jam. Namun disaat kita ber-olahraga, siklus pernafasan akan meningkat antara 35 - 70 kali per menit-nya. Itu berarti uap air yang dihembuskan adalah sekitar 50ml / jam. Sebab dari itu, agar tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang banyak, perlu untuk minum sebelum dan sesudah ber-olahraga.

Empedu dan air

Didalam cairan empedu terkandung sejumlah besar kolesterol yang berbentuk cairan. Bila cairan empedu berubah menjadi jenuh, maka kolesterol yang ada didalamnya tidak larut dan akhirnya mengendap diluar cairan empedu. Kelarutan empedu berdasarkan pada konsentrasi relatif dari kolesterol, asam empedu, fosfatidikolin (lesitin) dan air. Bila kita kekurangan air maka akan besar kemungkinan terjadinya pembentukan batu empedu. Dengan minum air yang cukup bisa mencegah penumpukan empedu yang akhirnya menjadi batu empedu.

Itulah peran penting air bagi tubuh manusia. Inti yang bisa kita ambil adalah dengan meminum air yang cukup, akan mengurangi resiko terjadinya gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat dan membantu.

No comments:

Post a Comment

NO SARA NO SPAM. THANX